Visi & Misi


 

VISI

Pada tahun 2021, menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam yang unggul dan terdepan dalam penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi bidang ilmu keagamaan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkarakter Islami di Indonesia

Penjelasan:

  1. Sekolah Tinggi Agama Islam

Sekolah Tinggi Agama Islam dimaknai sebagai salah satu jenis perguruan tinggi keagamaan Islam yang terafiliasi dengan Kementerian Agama Republik Indonesia.

  1. Unggul

Pengertian unggul memiliki makna substansif yang bernilai kompetitif tinggi. Keunggulan Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani akan dibangun melalui kegiatan-kegiatan akademik yang bersifat substansial yang dapat dikompetisikan baik dalam ranah nasional maupun internasional. Keunggulan yang dikembangkan mengarah kepada Tridarma Perguruan Tinggi yaitu; (1) Pendidikan, (2) Penelitian, dan (3) Pengabdian kepada Masyarakat. Masing-masing bidang didorong untuk memiliki keunggulan spesifik berupa kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai Islam ke dalam seluruh bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya sehingga mempunyai nilai kompetitif yang tinggi.

  1. Terdepan

Visi terdepan bagi Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani memiliki makna sebagai cita-cita mulia yang terencana dan terarah untuk (1) memelihara kepercayaan civitas akademika Sekolah Tinggi Agama Islam  Binamadani, alumni, dan masyarakat luas bahwa Sekolah Tinggi Agama Islam  Binamadani adalah tempat yang tepat untuk: menuntut ilmu, mengembangkan, dan menyebarluaskannya, sekaligus sebagai tempat mengabdi dan beribadah kepada Allah SWT. (2) meraih keunggulan dalam proses pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi, dan (3) mewujudkan kemandirian dalam pengelolaan dan pengembangan diri, serta mampu mensejahterakan seluruh civitas akademika Sekolah Tinggi Agama Islam  Binamadani, pegawai, alumni, masyarakat, bangsa, dan Negara.

  1. Lulusan yang berkualitas

Lulusan berkualitas yang diharapkan adalah lulusan yang memiliki prestasi akademik dan  non-akademik yang mampu menjadi pelopor pembaruan dan perubahan sehingga mampu menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapinya, baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang. Lulusan yang dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan di bidang pendidikan agama Islam, muamalat, pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, dan perbankan syariah; lulusan berperilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dari internalisasi dan aktualisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan spiritual dan sosial; lulusan yang menguasai konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu pendidikan agama Islam, muamalat, pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, dan perbankan syariah secara sistematis; lulusan yang memiliki kemampuan melakukan unjuk kerja dengan menggunakan konsep, teori, metode, bahan, dan/atau instrumen; dan  lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan di bidang pendidikan agama Islam, muamalat, pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, dan perbankan syariah.

  1. Lulusan berkarakter Islami di Indonesia

Lulusan berkarakter Islami yang diharapkan adalah lulusan yang cinta kepada Alloh Ta’ala; cinta kepada Rosululloh Sholallohu ‘Alaihi Wasallam; adil; bekerja keras; berbakti kepada orang tua; berwajah ceria dan berseri; dapat dipercaya (al-amanah); jujur; kasih sayang; memiliki rasa malu; menepati janji (al-wafaa’); pemaaf; pemberani; rendah hati; tanggung jawab; dan tolong menolong.

 

MISI

  1. Melaksanakan aktivitas pendidikan dan pengajaran yang terencana, terukur, dan terjadwal.
  2. Memperluas kesempatan belajar pada jenjang pendidikan tinggi yang bermutu bagi masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengkajian dan penelitian berbasis Islam dalam bidang pendidikan agama Islam, Muamalah, Perbankan Syariah dan pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian sebagai wujud tanggung jawab sosial institusi.
  5. Membangun kerjasama dengan perguruan tinggi atau lembaga lain baik dalam negeri maupun luar negeri.
  6. Merespon perubahan yang terjadi dalam rangka mengembangkan institusi yang bermutu

TUJUAN

  1. Terwujudnya lulusan yang berkualitas, berkarakter, berjiwa entrepreneurship yang berwawasan Islami dan nasional.
  2. Tersedianya layanan pendidikan dan pembelajaran yang bermutu kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk kaum dhu’afa.
  3. Terselenggaranya pengkajian dan penelitian berbasis Islam dalam bidang pendidikan agama Islam, Muamalah, Perbankan Syariah dan pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah.
  4. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian sebagai wujud tanggung jawab sosial institusi.
  5. Terjalinnya kerjasama dengan perguruan tinggi atau lembaga lain baik dalam negeri maupun luar negeri.
  6. Terciptanya perubahan dalam rangka pengembangan institusi yang bermutu.