Program Studi Perbankan Syariah


Profil lulusan yang ingin dicapai adalah mampu menjadi akademisi, peneliti, tenaga ahli, konsultan, praktisi, manajer, penggerak, inovator Bal Syariah, analisis keuangan dan investasi Bank Syariah. Agar profil lulusan tersebut dapat dicapai, maka diterapkan standar kompetensu yang harus dimiliki oleh seorang alumni, yaitu :

  1. Memahami akad transaksi syariah secara komperehensif serta penerapannya dalam mendesain, mengoperasionalisasikan dan memasarkan produk dan jasa Bank Syariah.
  2. Terampil dalam mengaplikasikan teknologi informasi dan pengembangannya pada produk dan jasa Bank Syariah.
  3. Terampil dalam menyusun, menganalisis dan mengaudit laporan keuangan Bank Syariah serta melakukan evaluasi terhadap kinerja Bank Syariah.
  4. Menguasai teori keuangan dan implementasinya dalam desain produk Bank Syariah yang kompetitif dan berdaya saing tinggi serta pengelolaan investasi dana Bank Syariah.
  5. Memiliki kemampuan analisis kuantitatif dan kualitatif terhadap persoalan Bank Syariah sebagai dasar pengembangan penelitian dan penulisan karya ilmiah.
  6. Memiliki integritas moral, etika dan sikap profesional dalam berkarir di industri Bank Syariah

BIDANG PEKERJAAN :

Bankir di Bank Umum Syariah, Bank Pembiayaan Syariah (BPRS), Asuransi Syariah, Pegadaian Syariah, Koperasi Syariah, pasar modal Syariah, Leasing Syariah, Bisnis Syariah, Departemen Keuangan, Perpajakan, dll.